Monitoring penggunaan DD

Selasa,(12/1/2021), Pemerintah Desa Pandansari telah di laksanakan monev dana desa yang bersumber dari APBN tahun 2019 sampai 2020 oleh Tim Kecamatan Paguyangan melalui Tim monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan Desa yang sudah di bentuk, sesuai jadwal dan agenda yang sudah ditentukan.

Pembinaan yang berjalan pertama kali di tahun 2021, kali ini menyasar Desa Pandansari bertempat di ruang rapat Kantor Desa Pandansari.

 

Tim monev di terima langsung oleh Kepala Desa Pandansari Irwan susanto, ST. serta oleh Sekretaris Desa Suriman, S.Pd., untuk Tim Kecamatan dihadiri oleh Camat Paguyangan Drs.Husni Pramono,M,Si serta Sekretaris Camat Paguyangan Agus Prasetyo,SH yang datang langsung dalam acara tersebut, sekaligus selaku ketua Tim, didampingi Kasi PMD Sutardi, SE dan ibu Ria Malgia,SH Kecamatan Paguyangan dengan mengajak anggota Tim Evaluasi dan monitoring pengelolaan keuangan Desa. Hadir pula pendamping dalam acara tersebut.

Sebelum pembinaan di mulai, Camat Paguyangan juga selaku Ketua Tim monev, menyampaikan tujuan diselenggarakannya monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan Desa. Hal ini bertujuan untuk lebih meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan Keuangan Desa yang lebih efektif, efisien, partisipatif dan akuntabel.

 

Disampaikan pula Desa Pandansari agar betul-betul mengelola Dana Desa dengan baik, agar tepat sasaran dan bisa memberdayakan masyarakatnya guna menurunkan angka kemiskinan masyarakat sendiri, sesuai regulasi yang ada Tentang pengelolaan Keuangan Desa. Serta tidak lepas dari perencanaan yang bagus mulai dari RPJM, BA Musdes, RKP Desa dan APBDesa. Selain itu tidak lepas dari persentase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban serta perkenalan beliau sebagai Camat Paguyangan dan Sekertaris Camat paguyangan yang baru kepada Pemerintah Desa Pandansari.

 

Kepala Desa Pandansari dan Sekretaris Desa,  sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Monev Kecamatan Paguyangan. Beliau berharap nantinya usai monev pengelolaan keuangan Desa, perangkat Desa bisa melaksanakan dengan baik, serta menerapkan apa yang menjadi arahan ataupun tetap berpedoman dengan regulasi yang ada, Permendagri No.20 Tahun 2018 tentang pengelolaan Keuangan Desa.

 

Diminta perangkat Desa memahami serta mengikuti materi yang disampaikan oleh Kasi Kantor Camat Paguyangan, dalam hal ini memberikan materi mulai dari perencanaan, persentase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban di dalam keuangan Desa.

Hasil Monev pada hari ini Semua kegiatan sebagian sudah mencapai 100% dan ada beberapa di antaranya sedang proses. “Kalau LPJ belum di jilid dan belum di serahkan ke kecamatan maka dianggap desa belum membuat walaupun pada kenyataanya di desa sudah membuat tetapi¬† masih belum di TTD atau lainya sehingga belum bisa di serahkan ke Kecamatan” Tutur bapak camat Drs.Husni Pramono,M,Si.

Tujuan Camat Paguyangan tersebut guna kebaikan kita bersama dan tertib administrasi desa.

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Kabar Desa, Penggunaan Dana Desa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *